Terus mensyukuri akan warna warni yang terangkai dalam pelangi kehidupan ini . . .

Sabtu, 16 Maret 2013

Kata “ LAU= لَوْ ” (seandainya)


1.    Orang yang mengatakannya berdosa, apabila dimaksudkan untuk menolak ketetapan Allah dan takdirNya. Sebagaimana ucapan orang yang mengatakan, “Seandainya si Fulan tidak bepergian maka dia tidak akan mengalamai kecelakaan yang meregut kematiannya,” atau ucapan yang sejenisnya.
2.    Orang yang mengatakannya berdosa, apabila dimaksudkan untuk berangan-angan berbuat kemaksiatan. Sebagaimana ucapan orang yang mengatakan, “Seandainya saya mempunyai uang, saya akan membeli alat-alat permainan dan musik.” Kemudian meninggalkan hal itu karena tidak mempunyai uang, dan tidak diakhirinya angan-anagn itu, dengan taubat dan penyesalan.
3.    Orang yang mengatakannya akan memdapat pahala, apabila dimaksudkan untuk berniat berbuat kebajikan. Sebagaimana ucapan orang yang mengatakan, “Seandainya saya mempunyai uang saya akan membangun masjid.”
4.    Tidak memperoleh pahala dan tidak pula berdosa apabila tidak terdapat hala-hal yang telah disebut di atas. Sebagaimana ucapan orang yang berkata, “Berjalanlah ke masjid itu dari sini, seandainya kamu berjalan dari sana pasti akan lebih jauh bagimu.”  

^_^ Disadur dari Buku Ensiklopedi Mini Muslim dengan penulis Abdul Aziz bin Muhammad bin Abdullah As-sadhan cetakan 1424 H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar