Terus mensyukuri akan warna warni yang terangkai dalam pelangi kehidupan ini . . .

Minggu, 01 Juli 2012

Provinsi ke 32 itu…


Bangga, senang, tersenyum sumringah saat Q sebut provinsi ke 32 itu. KEPULAUAN RIAU…
Kab. Bintan, Kab. Karimun, Kab. Kepulauan Anambas, Kab. Natuna dan Kab. Lingga serta Kota Batam dan Kota Tanjung Pinang, menjadi satu padu dalam sebuah provinsi hebat ke 32 Indonesia..:):):)

Saat banyak orang yang tak memperdulikan tanah kelahiranya, saat tak banyak yang tau akan potensi daerahnya, saat itu pula aku semakin “gila” mengorek informasi semua hal terkait provinsi tercinta. Semakin bnayk tau akan daerah ini semaki cinta dan bangga menjadi salah seorang putri daerah di provinsi ini. Ahh..tak heran jika diamanpun aQ berada selalu Q cantum kan jelas-jelas asal daerah Q. jelas dengan kepanjangan dan singkatannya KepRi ( Kepulauan Riau) karena terkadang orang mengira sama dengan Riau yg jelas-jelas beda provis dan beda letak geogrfsinya. Jika mereka tak menggubris akan Q cerca dengan menceritakan sedikit sejarah lengkap dg tahun resminya daerah ini menjad provinsi ke 32 di bumi pertiwi....

Mungkin sebagian orang akan berfikir mengapa sebegitu “fanatik’ nya aQ dengan daerah Q. mulai dari pengetahuan terkait sejarah, perkembangan kekinian bahkan logat yg tak ingin hilag saat berbincang merupakan cara Q mengenalkan pada orang banyak mengenani provinsi ini. Dimanapun dan kepada siapapun. Terkadang di dalam bus ktika barkenalan, di warung saat nongkrong, di halte saat tak sengaja dertemu orang baru, tetangga tempat tinggal, orang tua teman saat dikenalkan,  di kampus terlebih lagi hingga jaket angkatan Q pun Q cantumkan nama provinsi ini tepat dibelakang nama panggilan Q. Yaahh semua karena Q lakukan karena aQ ingin mereka tau ada sebuah provinsi kecil dan masih belia namun memiliki potensi luar biasa.

Kini cara Q ini telah membuahkan hasil. Mereka yg telah mengenal Q akan sangat faham dengan daerah Q, setidaknya mereka tahu bahwa Riau dan Kepulauan Riau merupakan dua provinsi yang berbeda. Riau dulu memang merupakan provinsi tua yang menaungi kepulauan riau yang saat itu masih berstatus kota kabupaten. Tepat tanggal 24 September 2002 Kepulauan riau resmi menjadi provinsi sendiri dengan ibu kota tanjung pinang dan batam sebagai kotamdya.  Jika teman-teman Q memperkenalkan aQ dengan teman barunya namun salah menyebutkan provinsi (ex Riau) maka belum sempat aQ membuka mulut untuk “mengislah”,  teman Q buru-buru membenarkanya. Nanti dimarahin begitu katanya. Heheh… (sebegitunya..) aQ jelaskan Q tak mungkin marah hanya saja membantu menginformasikan saja. Yaahh..itung-itung menambah pengetahuan dan wawasan teman-teman. 

Teringat saat tes wawancara untuk mengikuti salah satu training kepemudaan dan aQ diminta bercerita sedikit mengenai daerah semarang (jateng) dimana merupaka daerah tempat Q mengejar sarjana. Seketika Q katakan kepada penguji saat itu untuk mengganti dengan daerah asal Q (ngelobi ceritanya ni). Bukan tak faham atau tak mengerti kondisi dan pengetahuan terkait daerah Semarang hanya saja aQ ingin menguji kepemahaman Q tentang daerah Q setidaknya mempersiapkan bekal untuk pulang ke daerah nanti. Juga Q katakan bahwa sewajarnya jika aQ harus lebih faham dan banyak mengetahui perkembangan daerah Q karena aQ berjanji ingin mengabdi setelah masa studi Q berakhir diperantauan.  Maka mengalirlah dengan lancar kata-kata yang terangkai dalam sebuah kalimat dan terhimpun menjadi sebuah paragraf (ciee..)  yang berkisah tentang kecamatan, kabupaten, pulau tak berpenghuni, pasir yang dijual secara iilegal ke negeri tetangga, gubernur yang terjerat kasus korupsi, pusat judi yang berkembang di batam, sejarah gurindam 12 belas, tempat wisata dan ntah apa lagi yang aQ beberkan. Mungkin karena begitu antusiasnya hingga aQ lulus tes tahap ini. Hehehe…:):):)

Walau masih muda masih berumur 9 tahun namun memiliki potensi dan kekayaan alam yang luar biasa. Sobat muda KepRi, Jom semangat bangun provinsi tercinta…:):):)

1 komentar: